Google Play Movies sekarang support streaming HDR 4K, bagaimana di Indonesia?

Google Play Movies sekarang support streaming HDR 4K – Google akhirnya telah mengaktifkan dukungan streaming HDR 4K pada Google Play Movies. Namun untuk saat ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna Dongle streaming Chromecast Ultra. HDR (High Dynamic Range) digunakan untuk menampilkan dukungan untuk warna yang lebih luas. Dan HDR ini akan memungkinkan kualitas gambar yang lebih hidup dan kontras yang lebih baik. Lalu bagaimana perkembangan fitur Streaming HDR 4K ini di Indonesia?

Google Play Movies sekarang support streaming HDR 4K

(gambar : Goandroid.co.in)

Sebenarnya, streaming HDR telah ada sejak tahun 2015, yaitu Amazon dan Netflix yang menggunakannya. Dan keduanya telah mendukung streaming HDR di smartphone, meskipun Netflix belum mendukung iPhone 4K sekarang ini.

Jika kita ingin streaming video HDR 4K di Google Play Film, pengguna harus menggunakan televisi HDR dengan dongle Chromecast Ultra. Pada video SD atau HD, HDR tidak akan diaktifkan. Pengguna tidak perlu melakukannya, jika kedua UHD 4K diawasi dan televisi yang digunakan sudah mendukung HDR. Google mencatat bahwa pengguna akan dapat melihat “rich colour and high contrast” dalam video HDR, dan beberapa model TV akan menampilkan pesan di layar yang memberitahukan pengguna bahwa HDR telah diaktifkan.

Lantas, apakah kita dapat streaming HDR 4K di Indonesia? Hmm.. Google telah menetapkan kecepatan download untuk streaming UHD 4K. Kecepatan yang dibutuhkan untuk streaming HDr 4k adalah minimal 15Mbps. Dan hanya di AS dan Kanada yang dapat memutar video HDR 4K. Sehingga ada beberapa keterbatasan untuk streaming HDR 4K.

Perusahaan Mountain View telah membawa 4K UHD streaming dukungan untuk Play Film hanya pada bulan Desember. Perusahaan belum menyebutkan kapan rencananya akan menggelar dukungan ke daerah lain. Dukungan Google Play Movies untuk video UBC 4K saat diluncurkan terbatas pada TV Android Chromecast Ultra, Sony Bravia, dan Mi Mi Xiaomi 3.

Kesimpulan

Jadi untuk sekarang ini, berhubung kecepatan internet di Indonesia terbilang lambat dibandingkan dengan negara barat, mungkin kita tidak dapat menikmati fitur ini. Bayangkan saja di AS dan Kanada memiliki kecepatan download lebih dari 15Mbps. Tentu di Indonesia tidak secepat itu, dan mungkin jika Indonesia dapat mengakses internet dengan kecepatan seperti demikian, entah kapan. Jadi kesimpulannya, di Indonesia masih belum dapat streaming HDR 4K di Google Play Movies.

Satu tanggapan pada “Google Play Movies sekarang support streaming HDR 4K, bagaimana di Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *