Google Update Pixel dengan Mode Always-on untuk Ambient Display

Google Update Pixel dengan Mode Always-on untuk Ambient Display – Sebuah tautan yang ditemukan oleh XDA Developers menyampaikan bahwa Google akan menambahkan mode layar Always-on Ambient ke perangkat Pixel generasi berikutnya. Fitur ini akan membantu anda disaat ponsel dalam keadaan mati.

Google update Pixel dengan mode always-on untuk Ambient display

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat informasi penting di layar mereka tanpa harus menyentuh telepon atau mencari notifikasi untuk muncul. Anda juga dapat melihat jam dilayar, sekalipun ponsel dalam keadaan mati dan terkunci. Ini awalnya ditemukan di Moto X 2013 sebagai Moto Display. Pada Samsung Galaxy S4 juga telah tesedia fitur ini. Dan akhirnya, ditambahkan ke AOSP yang berarti bahwa perangkat Android mana pun dengan perangkat keras yang sesuai dapat menawarkannya.

Selama bertahun-tahun, kemampuan baru telah ditambahkan ke Ambient Display. Akan tetapi tidak pernah merupakan fitur Always-On. Salah satu yang menjadi alasannya adalah konsumsi baterai berat yang selalu dialami layar Always-On. Bagaimana tidak, meskipun layar mati sekalipun namun ponsel masih tetap aktif. Sehingga akan menguras lebih banyak konsumsi daya.

(gambar : GSMArena)

Namun Samsung telah mampu memperbaiki konsumsi baterai pada layar Always-On OLED. Hal ini berarti bahwa anak perusahaan Alphabet mempertimbangkan untuk menambahkan fitur tersebut ke sekuel Pixel-nya. Handset Pixel yang menjalankan Android Developer Preview versi 3.O mengungkapkan sebuah string yang menyebutkan kata “Doze.” Ini tidak ada hubungannya dengan fitur Android yang membuat aplikasi tidak berjalan di latar belakang pada handset Android. Sebaliknya, Doze berarti layar Ambient. Jadi, string kode ada hubungannya dengan tombol yang matikan pada layar Always-On Ambient.

Didalam kode, “Doze” mengacu pada Ambient Display, dan bukan fitur hemat daya baru yang ada di Android Marshmallow. Insinyur Google memilih nama referensi untuk fitur yang mungkin tidak mencerminkan nama sebenarnya dari fitur tersebut. Jadi, “doze_always_on” bisa berarti apa yang Anda pikirkan artinya.

Bagian baris kode lainnya menjelaskan bahwa menjaga tampilan Always-On Ambient berjalan pada dasarnya adalah percobaan. Dan sementara string memang ada di Developer Preview 3, fitur ini belum tersedia untuk digunakan.

Perlu dicatat bahwa fitur ini mungkin tidak akan anda temui di Android O, string kode tertentu ditulis untuk diakses dari menu Tuner SystemUI yang lebih tersembunyi yang dapat diakses (di sebagian besar smartphone) dengan menarik panel pemberitahuan dan menahan tombol. Ikon pengaturan Google memungkinkan mereka mengujinya melalui pratinjau pengembang dan kemudian menghapusnya dari bangunan akhir hanya untuk menambahkannya ke pembaruan di masa mendatang atau dalam versi Android baru.

 

Satu tanggapan pada “Google Update Pixel dengan Mode Always-on untuk Ambient Display

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *