Pengertian Root Android Lengkap, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan Root

Android merupakan system operasi yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone. Tak sedikit smartphone mereka ber-OS kan Android. Maka tak sedikit pula para developer android yang akan memodifikasi system Android. Dengan melakukan modifikasi, baik tampilan maupun performanya, kita dapat mengubah Android menjadi apapun yang kita mau. Tetapi sebelum memodifikasi Android, kita harus melakukan root terlebih dahulu. Adapun penjelasan lengkap mengenai Pengertian Root Android Lengkap, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, akan dibahas pada artikel kali ini.

Pengertian Root Android

Dulu saya tidak tahu pasti apa definisi root yang sebenarnya, yang saya tau, jika Android sudah di-root maka kita dapat mengubah data system apapun itu. Tetapi semenjak saya menggunakan Linux, Saya rasa saya dapat mendefinisikan arti root.

Secara istilah root yaitu istilah dalam Linux yang berarti memberikan hak akses penuh terhadap file system. Untuk meng-handle penggunaan tersebut, maka dibutuhkan super user. Dalam Android sendiri, dengan root berarti kita dapat mengubah, menghapus, mengganti file / data yang ada di system. Jika kita belum melakukan root, file system akan terkunci, biasanya permission-nya read-only (hanya dapat dibaca, tidak dapat diedit)

Sedangkan jika kita sudah melakukan root pada Android, file system dapat kita ubah-ubah permission-nya, dan file system akan dapat kita edit sesuka hati kita.

Tetapi perlu diingat, kita tidak boleh mengedit file system sembarangan, malahan yang ada Android akan error. Tetapi bagi mereka yang sudah master (berpengalaman) hal itu tidak perlu dikawatirkan.

Fungsi Root Android

Walaupun dengan root memang dapat menyebabkan resiko, tetapi tidak berarti sedikit yang melakukan root Android. Jika root Android dilakukan dengan benar, maka resikonya akan kecil sekali. Tetapi kebanyakan orang awam, lebih asal-asalan saat root Androidnya. Android akan jauh lebih produktif jika telah di-root secara benar berdasarkan prosedur.

Fungsi utama root Android adalah untuk memberikan akses penuh seperti mengubah file system android. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, pada dasarnya file system Android masih read-only,  untuk mengeditnya kita harus melakukan root terlebih dahulu. Dengan adanya root akses, maka kita dapat memodifikasi Android baik tampilan, maupun system dan kinerjanya.

Kelebihan Root Android

Berikut ini adalah kelebihan root android, yaitu alasan mengapa banyak orang yang nge-root Androidnya.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Biasanya Android dibekali aplikasi bawaan berdasarkan brand masing-masing. Misalnya pada HP Advan terdapat Advan Store dan sebagainya. Terkadang kita sangat terganggu dengan aplikasi tersebut yang jarang kita gunakan. Kadang juga aplikasi tersebut malah memberatkan system jika Hp kita Low-end. Karena, aplikasi bawaan system itu memiliki cache yang cukup besar dan memberatkan Android.

Namun sayangnya aplikasi tersebut tidak dapat dihapus pada HP android normal. Hal itu sayang mengganggu dan membuat saya tidak nyaman.

Dengan adanya akses root, kita dapat menghapus aplikasi bawaan system yang menurut kita sangat mengganggu dan tak terpakai. Dengan begitu memori kita akan berkurang dan dapat meningkatkan performa Android.

2. Menambah lebih banyak kapasitas memori

Kita singgung lagi dari kelebihan root pada nomor satu, jika kita dapat menghapus aplikasi bawaan, maka hal itu akan menambah ruang memori. Aplikasi bawaan Android terbilang cukup memakan memori, jika aplikasi tersebut dihapus, maka memori yang bertambah cukup banyak juga.

Hal ini sangat berguna bagi kamu yang mempunyai Android dengan memori kecil. Karena akan membuat Android lebih ringan dan menambah kinerja pula.

3. Install Custom Rom

Apa itu Custom Rom? Apa bedanya dengan Rom bawaan? untuk selengkapnya silakan kunjungi halaman Pengertian Custom Rom. Jadi intinya, setelah kita memberikan akses root, kita dapat menginstall Custom Rom.

Dengan menginstall Custom Rom, kita dapat gonta-ganti tampilan Android. Kita juga dapat mengkostumisasi tampilan, performa dan masih banyak lagi yang tentunya sangat menarik.

Juga sekarang ini sudah banyak Developer Android yang membuat Custom Rom, jadi kita tidak kesusahan lagi untuk mencari Custom Rom sesuai versi Hp kita.

4. Install Custom Kernel

Dengan adanya hak akses root, kita dapat mengubah-ubah file sistem, tak terkecuali mengganti kernel. Jadi kita dapat mengganti kernel sesuka hati kita sesuai dengan kebutuhan. Tetapi dengan catatan, Custo kernel yang diinstall harus sesuai dengan HP sobat. Custom kernel yang diinstal harus kernel yang memang untuk HP sobat.. bukan kernel HP lain. Jika kernel yang dipasang tidak cocok, yang ada Hp sobat bisa mati.

Memasang custom kernel itu banyak manfaatnya, dapat membuat Android lebih awet, dapat meningkatkan performa, biar lebih kenceng dan masih banyak lagi. Makanya manfaat root android ini sangat banyak sekali, tetapi bagi yang mengerti.

5. Meningkatkan Performa Andrroid

Inilah salah satu manfaat root Android yang paling banyak dicari, yaitu meningkatkan performa. Jika HP sobat bukanlah HP high-end, mungkin sobat bisa mengingkatkan performanya. Kita dapat melakukan Overclocking, dimana kecepatan processor dapat kita naikkan, sehingga membuat Android jadi lebih tangguh. Dengan Overclock tentu HP akan lebih cepat lagi, tetapi akan boros juga baterainya.

6. Mengakses Aplikasi semaunya

Biasanya tidak semua aplikasi dapat digunakan dengan bebas. Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan akses root untuk membukanya. Kalau Android sudah diroot, kita dapat menggunakan aplikasi apapun, karna kita dapat mengakses root. Biasanya aplikasi tersebut, aplikasi untuk mengkostumisasi Android atau untuk mengubah-ubah tampilan Android dan lainnya.

Baca juga : 10 Aplikasi Edukasi terbaik Android buat Pelajar sepertimu

7. Memindahkan Memori Penyimpanan Aplikasi yg Terinstal

Biasanya, kebanyakan Android itu penyimpanan aplikasi terinstal, disimpan di memori internal. Jika aplikasinya banyak diinstal, tentu memori internal akan cepat penuh dan memberatkan Android. Untuk mengatasinya, kita perlu memindahkan penyimpanannya ke memori eksternal. Tetapi kita tidak dapat langsung memindahkannya, karena membutuhkan akses root. Jika Android sudah diroot, hal ini sangat mudah dilakukan. Ada juga beberapa HP yang memang dasarnya dapat menyimpan aplikasi di eksternal.

8. Lebih dekat dengan  Sistem Android

Jika Android sudah diroot, maka kita dapat mengakses file sistem dengan leluasa. Kita juga dapat mengetahui apa sebenernya Android itu. Kita akan mengerti tentang seluk-beluk Android, juga menambah pengalaman memodifikasi Android. Karena jika Hp sobat diroot namun tidak dioprek, maka percuma anda melakukan root.

Kekurangan Root Android

Tak ada gading yang tak retak, begitulah pribahasanya. Dibalik banyaknya kelebihan root Android, pasti ada juga kekurangannya. Berikut ini kekurangan root Android:

1. Resiko kesalahan root

Jika anda masih pemula, anda perlu berhati-hati ketika ingin me-root Android. Sebaiknya minta bantuan teman anda yang sudah mahir. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan pada saat root. Sebaiknya mencari tutorialnya diforum-forum Android atau di grup fb, supaya lebih paham. Kesalahan root bisa saja terjadi, mungkin karena kesalahan teknis, ataupun alat root yang korupsi. Kesalahan root bisa saja menyebabkan bootloop.

2. Tidak bisa update software otomatis

Ketika Android sudah diroot, maka akan melanggar TOS dari barnd masing-masing HP. Akibatnya update sotware tidak dapat dilakukan secara otomatis. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat mengupdatenya manual melalui flash Android dengan menggunakan PC (personal computer). Tetapi pada HP Xiaomi, melakukan root di HP Xiaomi dibolehkan oleh pihak Xiaomi. Jadi kita tetap dapat melakukan update otomatis lewat Android, atau yang biasa disebut OTA (On The Air). 

3. Garansi Hilang

Garansi akan hilang atau tidak berlaku bagi Android yang sudah diroot, karena dengan root, secara tidak langsung akan mengubah file sistem. Sehingga banyak produsen yang tidak menerima garansi Android yang sudah diroot.  Untuk mengantisipasinya, anda dapat melakukan unroot dan flash ulang agar Android kembali kesemula.

4. Rentan Virus

Menurut literatur yang kami dapatkan, melakukan root akan membuat Android rentan Virus. Menurut kami, hal ini relatif. Sebab, pada Android yang belum diroot, menginstall aplikasi dari pihak lain (bukan dari Play Store) akan dicekal oleh keamanan sistem Android. Pada Android yang sudah diroot, penginstalan aplikasi bebas dilakukan. Artinya, kita harus pandai-pandai dalam menginstal aplikasi yang aman, sebaiknya mengunduh aplikasi dari pihak yang aman. Bisa saja aplikasi yang diunduh secara gratis, terdapat virus didalamnya.

Kesimpulan

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Android. Adapun kesimpulannya, Jika kita memilih sebaiknya diroot atau tidak, itu kembali ke penguna masing-masing. Tujuan orang me-root Android itu sangat banyak, banyak juga alasan untuk tidak me-root Android. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika anda pengguna yang cenderung memprioritaskan Chatting, Browing, dan Sosial Media lebih baik jangan me-root Android.

Jika anda pengguna yang memprioritaskan kreativitas dengan sistem Android, anda harus me-root Android. Semua itu harus sesuai kebutuhan masing-masing pengguna Android.

 

6 tanggapan pada “Pengertian Root Android Lengkap, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan Root

  1. Orel kun Balas

    Kalau hp agan di root kagak :v , kalau hp bagus mah sayang kalau di root wkkw , kalau hp ane jelek mah bodo amat di root aja :v

    • Arbi Newbie PenulisBalas

      iya dong, hp ane ya ga jelek2 bgt si (redmi note 3), tapi kan bukan mslah jelek engga nya HP, tpi karena biar mendalami android gan

  2. Pingback: 8 Aplikasi Wajib Android Sangat Membantu Keseharian | Dulinan Tech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *